Calendar of Event

Senin, 26 Januari 2015

KALENDER EVENTS (EVENTS ADAT, SENI, BUDAYA, & RELIGI) 2016 & 2017






PROGRAM PROMOSI
DINAS PARIWISATA PROVINSI BALI TAHUN 2015
 
    1.    PROMOSI MELALUI PAMERAN
 
    a.    Pameran Dalam Negeri
 
NO
 
NAMA KEGIATAN
 
TEMPAT PELAKSANAAN
 
WAKTU
 
KETERANGAN
 
1.
 
Gebyar Wisata Budaya Nusantara 
 
JCC - Jakarta 
 
14 s/d 17 Mei 2015 
 
 
 2. 

Bali Beyond Travel Fair

 (BBTF)

 Bali

 

10 s/d 14 Juni 2015 


 
 
 3.
 






Tourism Trade

Investmen Expo 2015

(TTI Expo 2015)







 

Yogyakarta


 




19 s/d 22

November 2015




 
 
 
b.   Pameran Luar Negeri
 
NO
 
NAMA KEGIATAN
 
TEMPAT PELAKSANAAN
 
 
WAKTU
 
KETERANGAN
 1. ITB Berlin Berlin Jerman
 

4 s/d 8 Maret 2015


 
Messe
 
 

 



 
2.    PROMOSI MELALUI MEDIA
-       Majalah Scuba Diver (3 Edisi + extra)
 
3.    PROMOSI MELALUI BAHAN-BAHAN PROMOSI
a.    Bali at a Glance (dalam 6 bahasa)
b.    Calendar of Cultural Event
c.    Leaflet
d.    Map Of Bali
e.    CD Interaktif
 
4.    PROMOSI MELALUI PEMBERIAN SOUVENIR
a.    Baju kaos dengan logo Bali
b.    Goody Bag
 
5.    FASILITASI FAM TRIP
 


HARI RAYA GALUNGAN  15 JULI 2015

Hari Raya"Galungan", dirayakan sebagai peringatan Kemenangan "Dharma" (Virtue) atas "Adharma (Kejahatan) Mitologi" Mayadewa ", The Demon King ketika terlibat dalam perang melawan pasukan Dewa Indra. Pada hari ini (Perayaan), sebuah tiang bambu tinggi dihiasi dengan daun kelapa dan bunga, buah, kue dll diselipkan/ditancapkan pada setiap pintu masuk rumah dan membuat pemandangan luar biasa di sepanjang jalan desa, melambangkan kemakmuran. 




HARI RAYA KUNINGAN  25 JULI 2015

Hari Raya Kuningan diperingati setiap 210 hari atau 6 bulan dalam kalender Bali, tepatnya pada Saniscara Kliwon Wuku Kuningan. (1 bulan kalender Bali = 35 hari)

Pada hari suci kepada Ida Sang Hyang Widi turun ke bumi untuk memberikan berkat bagi kesejahteraan semua orang di dunia. Sering diyakini, upacara pada hari raya kuningan harus dilakukan sebelum tengah hari, sebelum waktu kembali Betara ke surga.

Kuningan adalah rangkaian upacara Galungan, 10 hari sebelum Kuningan. Pada hari itu dibuat nasi kuning, lambang kemakmuran dan dihaturkan persembahan-persembahan sebagai tanda syukur dan bulu mata suksmaning kita sebagai manusia (orang) menerima karunia Hyang Widhi bahan pakaian dan makanan yang didelegasikan oleh dia kepada umat-Nya atas dasar cinta-cintanya. Dalam tebog atau selanggi berisi beras kuning ditanam boneka, boneka (malaikat) yang melimpahkan rahmat kemakmuran bagi kita semua.
 
 
 
PESTA KESENIAN BALI (PKB) 2015

Tempat  (Place)             :  Taman Budaya (Art Centre) Denpasar – Bali

Tahun    (Year)            :  PKB XXXVII 2015

Tema      (Title)             :  Jagadita : ( Mengokohkan Kesejahteraan Masyarakat )

                         Tanggal   (Date)            :  13 Juni s/d 11 Juli 2015

( penjelasan lebih lanjut Kontak : 0361.243621 Dinas Kebudayaan Provinsi Bali)

Website : www.baliculturegov.com    

Email      : info@baliculturegov.com           



 

(World Hindu Youth Conference)
November 2014

Pengantar:
Konferensi Pemuda Hindu Dunia selanjutnya akan diselenggarakan di New Delhi - India pada Bulan November 2014 oleh Mahasiswa Hindu & Jaringan Pemuda dengan tema “Membentuk Generasi Pemimpin Kebangkitan Hindu”.
Konferensi ini akan merancang strategi untuk mempersiapkan Pemuda untuk memenuhi tujuan dan tanggung jawab di tingkat lokal, nasional dan global dengan cara yang mudah dan efektif sehingga memungkinkan Pemuda di seluruh dunia untuk menyebarkan informasi tentang berbagai hal secara real time.
Tujuan utama dari Konferensi ini adalah untuk memberikan kesempatan bagi siswa muda, profesional dan organisasi Pemuda untuk membangun jaringan yang efektif sehingga mereka dapat secara efektif saling berkoordinasi pada strategi dan informasi untuk pemahaman yang lebih baik dan bekerja di daerah di mana mereka aktif. Selain itu, konferensi akan memberikan kesempatan bagi pemimpin masa depan untuk menyatukan sumber daya mereka bijaksana. Setelah mengkonsolidasikan keuntungan dari konferensi, akhirnya akan menerjemahkannya ke dalam tindakan.

Tujuan:
1. Untuk memberdayakan kaum muda kita dengan pengetahuan, gagasan, semangat, dan solusi praktis untuk mendorong kerja Pemuda Hindu dan Hindu yang lebih luas ke depan dengan berbagi pengetahuan kita, pikiran, pengalaman dan ide-ide dari seluruh dunia. Meningkatkan pengetahuan kita tentang Hindu Dharma membahas masalah kerja sama dan solusi.
2. Untuk memberikan pandangan global .
3. Untuk membuat dan memimpin, masyarakat pemuda Hindu yg kuat secara global.

Tema:
Spiritualitas: True Knowledge Hindu Dharma
Analisis masalah yang dihadapi masyarakat Hindu dan mencari solusi
Pengaruh: Implementasikan solusi yang efektif.

Diselenggarakan oleh:
Siswa Hindu & Jaringan Pemuda
Acara yang di koordinator oleh Bhavin Davdra ( United Kingdom) ini juga di adakan serupa untuk yang kedua kalinya pada akhir November tahun 2014 nanti di New Delhi – India.

Kontak Detail:
Konferensi Koordinator:
Bhavin Davdra
Inggris
arise.arjuna @ hsynetwork.net
Mob. +44 7811 163 382
Koordinator Komite, Pengorganisasian:
I Gde Dharma Nugraha
Jakarta, Indonesia
gdebig@gmail.com -
Mob 00 62 815 840 5225 0


Wonderful Indonesia Fremantle 2014

For all information, enquiries about the event or expressions of interest for the 30th running in 2014 of the fabulous Darwin to Ambon Yacht Race & Rally contact: infodarwinambonrace.com.au 


Satte Indonesia (Travel Asia Tenggara & Event Pariwisata) 2014

Juni 2014

Lokasi: Bali International Convention Centre, Nusa Dua
Ini pameran dan acara konferensi menyatukan lebih dari 300 penjual domestik dan internasional yang dipilih atas keramahannya dan merek perjalanan serta pembeli internasional yang mewakili merek top multinasional dan unik di seluruh dunia.


 

36th Bali Kite Festival (Festival Layang-layang Bali ke-36)

Tanggal: 18 Juli, 2015 - 20 Juli 2015 (TBA)
Lokasi: Indonesia - Bali 
Alamat: Padang Galak, Sanur Beach, Bali, Indonesia 
Tempat: Bali, Indonesia

Email : info@baliculturegov.com

Bali Kite Festival adalah sebuah festival layang-layang internasional, diadakan setiap tahun setiap bulan Juli di wilayah Padang Galak Sanur. Layang-layang tradisional raksasa, empat meter dengan lebar dan hampir sepuluh meter panjangnya, yang dibuat dan diterbangkan kompetitif oleh tim-tim yang berasal dari desa-desa di Denpasar. Acara ini adalah festival keagamaan musiman mengirimkan permohonan kepada dewa-dewa Hindu untuk tanaman dan panen berlimpah, dan benar-benar adalah pesta untuk semua panca indera. Sebuah orkestra gamelan menyediakan soundtrack seluruh perayaan, sebagai legiun tari layang-layang udara untuk mengalahkan mereka.

Jika Anda cukup beruntung untuk melakukan perjalanan ke akomodasi Anda di Bali selama ini pastikan Anda jangan lewatkan festival ini! Bebean (berbentuk ikan), Janggan (berbentuk burung), dan Pecukan (daun berbentuk) adalah layang-layang tradisional diterbangkan selama festival oleh tim dari sepuluh atau lebih pemain layang-layang dewasa. Bebean adalah yang terbesar dari layang-layang, dan menyerupai luas mulut split-ekor ikan. Layang-layang Janggan olahraga ekor kain mengesankan mengalir, sering mencapai seratus meter atau lebih panjang. Pecukan membutuhkan keterampilan yang paling untuk terbang, karena bentuknya yang relatif stabil. Warna-warna tradisional dari layang-layang mengesankan adalah merah, putih, dan hitam.
Pemandangan dari layang-layang berwarna-warni lembut terayun-ayun di langit biru Bali menarik penonton lokal, serta sejumlah besar wisatawan yang berkunjung setiap tahun. Para pejabat melaporkan bahwa lebih dari seribu layang-layang dari luar negeri berpartisipasi dalam festival 2011, pinjaman ini tradisi lokal yang indah jenis flavor.Each sejati internasional tradisional layang-layang memiliki kompetisi sendiri, dengan kelompok-kelompok dari sepuluh tim bersaing untuk judul seperti peluncuran terbaik dan terpanjang penerbangan. Kadang-kadang layang-layang turun atas sawah di dekatnya, dan anggota tim harus lari melalui padi untuk mengambil layang-layang sebelum menyentuh air.
Sebuah kompetisi juga diadakan selama festival layang-layang yang menampilkan kreasi baru, yang dapat mencakup tiga dimensi karya seni terbang yang menggambarkan dewa-dewa Hindu, atau bahkan layang-layang sponsorship. Kedua layang-layang tradisional dan kreasi baru susah payah buatan tangan dari kain bambu dan katun, sehingga terbang karya art.In musim kemarau bulan Juni, Juli, dan Agustus, angin bertiup terus dari timur ke barat di sebagian besar Indonesia. Selama periode ini sudah umum terjadi pada pemandangan menawan dari anak-anak dan orang dewasa dengan senang hati terbang layang-layang mereka di sawah kosong, bahkan setelah festival resmi telah datang dan pergi.



Ubud Village Jazz Festival 2015

Tanggal: 07-08 August 2015
Lokasi: Museum Arma Ubud, Jalan Raya Pengosekan, Ubud
The Ubud Village Festival Jazz pertama dijadwalkan untuk bulan Agustus tahun ini. Acara ini akan mempertemukan barisan seniman Jazz berbagai dari Indonesia dan seluruh dunia. Di antara seniman terkenal dikonfirmasi untuk tampil Koko Harsoe, Joe Rosenberg, Balawan & Batuan Ethnic Fusion, dan Dwiki Darmawan. Festival ini akan berlangsung di Museum Arma di Ubud.



Hari Kemerdekaan Indonesia
Tanggal: 17 Agustus 2015

Tahun ini menandai tahun ke-69 kemerdekaan Indonesia. Hari ini dirayakan pada tanggal 17 Agustus, ketika merah-putih bendera menghiasi sisi jalan dan berbagai upacara pengibaran bendera berlangsung di kantor-kantor pemerintah dan upacara besar terjadi di Jakarta, dihadiri oleh kepala negara dan pejabat. Rumah tangga dan masyarakat di seluruh nusantara juga posting bendera dan dekorasi di depan rumah.

Beberapa komunitas juga memegang karung-lari ras dan pesta pora lainnya dalam semangat kebangsaan. Memeriksa makanan dan minuman hotel ini menyoroti beberapa promo Hari Kemerdekaan dan menu spesial yang biasanya menampilkan kuliner nasional.


Sanur Village Festival 2015

Sanur Village Festival menawarkan kegiatan budaya seperti pertunjukan tari tradisional, musik, olahraga air dan festival Makanan penuh masakan lezat.

Sanur Village Festival 2015
Tanggal: 20 Agustus 2015
s/d:  24 Agustus 2015
Theme -
Activities Cultural Activities, traditional dance performances and water sports activities.
Venue: Sanur
Lokasi: Sanur Village, Sanur-Bali-Indonesia

Sanur Village Festival telah menjadi peristiwa besar dalam Kalender Acara Bali. Tujuan utama dari festival ini adalah untuk menarik sejumlah besar wisatawan dari berbagai negara. Setelah sukses besar tahun lalu, penyelenggara acara tersebut berencana untuk membuat acara ini lebih baik dan lebih besar. Ini Sanur tahun desa festival menjanjikan banyak kegiatan olahraga air dan petualangan. Acara ini terinspirasi oleh kehidupan laut yang memainkan peran penting dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Bali. Sanur Village Festival disorot sebagai tempat wisata utama dari kalender acara di Bali. Jadi semua pantai dan olahraga air pecinta luar sana pak tas Anda dan memiliki waktu yang indah di Sanur Village Festival.

HUBUNGI KAMI
Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi:

Yayasan Pembangunan Sanur
Sanur Village Festival
Jl. Danau Buyan III / 2 Sanur
Denpasar 80228 Bali
T: 0361-286987, 8.710.083
F: 0361-281315




Bali Siap Jadi Tuan Rumah Miss World 2013
September 2013

MIMPI Indonesia menjadi tuan rumah penyelenggaraan kontes kecantikan berkelas dunia akan segera terwujud. Bali dipilih menjadi lokasi perhelatan Miss World 2013.

I Made Mangku Pastika memastikan Bali siap menjadi tuan rumah bagi perhelatan dunia Miss World 2013. Kesiapan tersebut disampaikan Gubernur Bali saat menerima Ivian Lunasol Sarcos Colmenares dan CEO MNC Group Hary Tanoesoedibjo di ruang kerjanya.

Kedatangan Miss World 2011 dari Venezuela didampingi Chairwoman of Miss World Organization Julia Morley dan Miss Indonesia Astrid Ellena. Rombongan panitia ajang bergengsi dunia itu menemui gubernur untuk penjajakan terkait kesiapan Bali sebagai tuan rumah Miss World 2013.

Pulau Dewata dipilih menjadi lokasi Miss World karena sudah dikenal masyarakat di dunia. Selain itu, keinginan untuk menikmati keindahan alam dan keragaman budaya di Bali menjadi alasan pemilihan tersebut.

Rencananya, ajang pemilihan Miss World dijadwalkan berlangsung selama sebulan pada September 2013. Ajang tersebut diikuti 131 duta wanita cantik dari berbagai negara di belahan dunia.

"Kami mengucapkan selamat datang di Pulau Dewata kepada Miss World Ivian Sarcos dan rombongan, semoga bisa menikmati keindahan alam dan keragaman budaya selama berada di Bali," kata Pastika.

Pastika berterima kasih karena Bali dipilih menjadi tuan rumah event internasional dan masyarakat akan sangat mendukung ajang dunia tersebut.

Menurut Pastika, Bali akan sangat sibuk dengan berbagai kegiatan internasional pada 2013. Pertemuan yang akan dihelat di Bali, antara lain World Culture Forum, Miss World, KTT APEC, dan Bali Democracy Forum.

"Bali terus berbenah, baik sisi keamanan dan sarana prasarana untuk menyambut kegiatan internasional tahun 2013.


Balinale 2015

Tanggal: 12 -18 Oktober 2015

Balinale tahunan akan diadakan 12-18 Oktober 2015 dengan serangkaian Lokakarya, Forum Film Perindustrian, dan Seminar bebas terus menjadi bagian penting dari acara festival Balinale.Balinale 2015

Tentang Festival
Balinale International Film Festival didirikan pada tahun 2007 oleh Bali Taksu Indonesia Yayasan sebagai organisasi non-profit, non-pemerintah amal terdaftar Indonesia. Dengan sejarah panjang dalam mendukung didirikan dan calon pembuat film lokal, festival ini bertujuan untuk menyediakan platform untuk Indonesia untuk menunjukkan film mereka kepada audiens internasional dan mengundang pembuat film asing ke layar film dengan kontribusi mereka workshop gratis dan seminar dengan harapan menemukan bakat baru.
Festival ini juga mengundang para pembuat film asing untuk mengalami budaya Indonesia mengakomodasi dan lokasi beragam untuk proyek film mungkin dan co-produksi.
Lokakarya dan seminar gratis merupakan bagian penting dari festival, sejumlah yang menawarkan siswa Indonesia dan sineas muda kesempatan untuk belajar dari para profesional Indonesia dan internasional yang didirikan. Sampai saat ini, kami telah mendapat dukungan dan partisipasi dari Oscar ®, Emmy ®, BAFTA ® dan pembuat film pemenang penghargaan Cannes membantu kita untuk mencapai tujuan kami menyatukan film dan pembuat mereka sebagai pertemuan kreativitas global.
Festival ini memegang kehormatan yang didukung oleh Departemen Perindustrian, Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Pendidikan dan Kebudayaan dan Kantor Gubernur Bali.
Balinale? Indonesia muda Film Lingkaran Program Pendidikan memberikan workshop kreatif untuk ribuan siswa sekolah menengah, yang mempromosikan pembelajaran terinspirasi dalam industri film Indonesia. Seminar, banyak ditawarkan secara gratis, meliputi penulisan naskah, memproduksi, mengedit, bertindak dan pembuatan film. Program Film Anak Gratis kami adalah bagian penting dari komitmen festival untuk masyarakat.

Hubungi Kami:
Balinale International Film Festival
Bali Taksu Yayasan Indonesia
Jalan Merta Sari 10-B | Sanur 80228 Bali | INDONESIA
T: + 62 (0) 361 270 908
F: + 62 (0) 361 286 425
info@balinale.com / www.balinale.com


 

Ubud Writers & Readers Festival ( UWRF) 2015,  28 Oktober - 01 November 2015 

Undangan Berpartisipasi Dalam Ubud Writers & Readers Festival ( UWRF) 2015.
Pecinta sastra Indonesia,
Ubud Writers & Readers Festival kembali membuka seleksi karya untuk festival        28 Oktober -01 November 2015.
UWRF akan memilih 15 penulis emerging Indonesia yang kehadiran serta partisipasinya di festival akan didanai oleh UWRF dan lembaga funding mitra Hivos. Pemilihan akan didasari pada sejumlah kriteria, termasuk kualitas karya, prestasi dan konsistensi dalam berkarya, serta dedikasi pada pengembangan kesusastraan Indonesia. Seleksi dilakukan oleh Dewan Kurator yang beranggotakan penulis-penulis senior Indonesia.
Kegiatan festival meliputi: Panel Diskusi, pembacaan karya, lokakarya, peluncuran buku, pementasan seni, serta beberapa acara satellite yang diadakan di beberapa kota di Indonesia.
Bila Anda adalah penulis Indonesia, atau mengenal penulis yang Anda anggap layak, layangkan pendaftaran sesuai syarat dan ketentuan di bawah ini:
• Penulis adalah warga negara Indonesia ( menyertakan fotokopi KTP)
• Menulis karya sastra, baik berupa puisi, prosa ( cerpen, novel atau novelet), naskah drama maupun karya non- fiksi.
• Karya dapat berupa buku, kumpulan naskah yang belum ataupun sudah pernah diterbitkan di media massa.
• Penulis yang sudah menerbitkan buku silahkan mengirimkan beberapa buku karyanya.
• Bagi penulis yang belum menerbitkan buku dipersilahkan mengirimkan 30 karya puisi terbaik atau 8 karya cerpen terbaik, atau 5 karya essai, atau 3 naskah drama dengan dijilid.
• Karya dapat juga dikirimkan melalui email dan panitia akan meminta hardcopy jika diperlukan.
• Sertakan biodata diri, nomor kontak / HP dan alamat email dengan jelas. Silahkan melampirkan tentang aktivitas sastra dan keterlibatan dalam komunitas yang diikuti. Apabila anda menggunakan nama pena, mohon sertakan juga nama lengkap yang asli.
• Koresponden dan pengumuman seleski akan dilakukan melalui Email.
Kirim ke sekretariat panitia UWRF paling lambat tanggal 30 Januari 2013 (cap pos). Pengumuman 15 penulis yang terpilih akan di umumkan pada akhir Mei 2013.

Pengiriman Aplikasi ditujukan kepada :
Kadek Purnami- Ubud Writers & Readers Festival
Jl. Raya Sanggingan Ubud - Indus Restaurant. PO Box 181, Ubud Bali 80571. Telp : 0361-7808932
Email : kadek.purnami@ubudwritersfestival.com www.ubudwritersfestival.com
*Bagi penulis dari luar Bali yang terpilih, Panitia akan menanggung biaya transportasi (penerbangan) dan akomodasi selama berlangsungnya acara dari tanggal 10-16 Oktober 2013.
 


Festival Pantai Lovina 2015 di Buleleng
............Oktober, 2015

Tiga hari kegiatan berpusat pada Pantai Kalibukbuk di Bali Utara akan menandai Pantai Lovina Festival yang akan diselenggarakan ...........Oktober 2015 

Festival ini akan dimulai dengan pameran kerajinan dan upacara pembukaan pada Sabtu 20 Oktober pukul 5 sore.

Upacara pembukaan akan menghadirkan Baleganjur dan Parade Gebogan, serta Gong Kebyar dan Tari Ki Barak Panji Sakti. 

Pada hari Minggu, 21 Oktober akan ada Balap Banteng di desa Kaliasem, dan pertunjukan wayang pukul 3 sore sampai pukul 9 malam.

Upacara penutupan pada hari Senin akan ditampilkan pertunjukan Kebyar, Megenjekan, dan Gong.
 


Kuta Karnival 2014

Kuta Karnival 2014
Kuta Carnival 2014, Bali
Tanggal:  07 Oktober 2014
s/d:  12 Oktober 2014
Events: Carnival, Food Festival, Music Festival, Kite festival and many more events.
Lokasi: Bali, Indonesia.

Kuta Karnival 2014 adalah sebuah event yang paling dinantikan di Kuta, Bali, dan akan digelar pada Bulan Oktober 2014. Event ini diperkirakan akan dipadati wisatawan lokal maupun internasional yang berlangsung selama 5 hari. Kuta Karnival 2013 menyuguhkan beragam kemeriahan seni dan budaya khas Bali yang kental dan tentunya tak dapat ditemui di tempat lain.
Pembukaan Kuta Karnival 2013 akan menyuguhkan berbagai macam tarian dengan melibatkan ratusan penari. Ada juga prosesi Ogoh-Ogoh dan beragam atraksi menarik lainnya yang akan melibatkan dan menarik perhatian ribuan orang.
Berbagai acara dan kegiatan menarik yang akan digelar 5 hari di sepanjang Pantai Kuta dimulai dari upacara pembukaan yang meriah sampai penutupannya. Pastikan anda menikmati Sunset Culture Parade, Turtle Release and Paddle for Peace, Bali Culture Show, Bali Food Festival, Kite Festival, Beach sport Competition, Surfing Contest, pagelaran musik, dan masih banyak lagi. Kesemuanya adalah paket wisata dan atraksi budaya yang akan memanjakan dan menyedot perhatian wisatawan dari berbagai kalangan baik lokal maupun internasional.
Kuta Karnival pertama kali digelar tahun 2003, pasca meletusnya Bom Bali pada tahun 2002 yang meresahkan dan otomatis sempat melumpuhkan industri Pariwisata Bali. Diharapkan event yang dikemas dengan sangat menarik dan variatif ini dapat menghidupkan kembali geliat wisata yang sempat lesu di Kuta khususnya dan Bali pada umumnya.



HUBUNGI KAMI:
(0361) 752397
infokutakarnival2013@gmail.com
 


NUSA DUA FIESTA 2015

November 2015: "Nusa Dua Fiesta", Bali Tourism Complex.
The Nusa Dua Fiesta (NDF) - dulu dikenal sebagai Festival Nusa Dua - akan diadakan lagi November 2015, dalam Kompleks Nusa Dua dioperasikan oleh Perusahaan Pengembangan Pariwisata Bali (BTDC).
Jangan lewatkan Nusa Dua Fiesta 2015 berlangsung di Nusa Dua Resort. Berfokus pada musik, seni, konservasi laut dan keterampilan kuliner, Nusa Dua Fiesta akan diselenggarakan Bulan November 2015.
Meliputi:
• Bali Culinary (masakan Bali)
• Fun Bike
• Sains Film Festival
• Nusa Dua Coral Reef
• Pameran Photo Underwater
• Lokakarya Sustainable Seafood
• Pertunjukan Seni Tradisional
• Indonesia Music Expo (IMEX) menampilkan musisi internasional dan lokal ternama dunia

Pembangunan Tourism Resort.
KONTAK INFORMASI

Bali Tourism Development Corporation
P.O. Box 3, Nusa Dua, Denpasar, Bali, Indonesia, 80363
Fax: +62- (0) 361-771.014
Kantor: +62- (0) 361-771.155
www.balinusadua.com


 

BALI DEMOKRASI FORUM (BDF) 2013

Bali Democracy Forum ke-6
Tanggal: 7 - 8 November 2013
Lokasi: Kompleks Bali Tourism Development Corporation (BTDC), Nusa Dua.

Forum di Nusa Dua, Bali, menyatukan Kepala Negara dan Menteri Luar Negeri dari negara-negara di Asia, Timur Tengah dan Pasifik. Tahun lalu Forum Demokrasi Bali menarik delegasi dari 80 negara dan organisasi internasional dengan 11 kepala negara. Forum ini membahas isu-isu seperti mempromosikan sinergi antara demokrasi dan pembangunan di Asia dengan prospek kerjasama regional.


 

Selamat datang di World Culture Forum di 2013
24-29 November 2013

Budaya Dunia dalam Pembangunan Forum (WCF) 2013 adalah yang pertama dalam serangkaian rencana pertemuan internasional tahunan di Bali, Indonesia yang akan mempertemukan para pemangku kepentingan kunci untuk mendiskusikan isu-isu penting dalam budaya dan pembangunan.
Karena dunia sekarang era globalisasi belum pernah terjadi sebelumnya, ada kecenderungan global yang kompleks seperti perjalanan tanpa batas, media massa, internet dan siklus 24/7news seluruh dunia yang mempengaruhi budaya nasional dan lokal. Kompleksitas ini membawa tantangan dan peluang dan mereka juga meningkatkan kekhawatiran atas nasib budaya lokal yang bisa jadi sangat dipengaruhi oleh dampak dari globalisasi.
WCF 2013 akan mengatasi masalah ini dengan memperkuat hubungan antara pengambil keputusan dan influencer dari seluruh dunia sehingga bersama-sama kita dapat mengembangkan kebijakan dan strategi yang akan memungkinkan budaya nasional dan lokal untuk berkembang di seluruh dunia.

WCF SEKRETARIAT:
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan
Republik Indonesia
Gedung A, 2nd Floor
Jl. Jenderal Sudirman, Senayan, Jakarta 10270. Indonesia
Telepon: +62-21-36113104 | Fax: +62-21-5725048
email: secretariat@wcf-bali.com

www.wcf-bali.com


 

"MAKEPUNG" 2014 di Bali

Tanggal:
• 20 Juli 2014 Mertasari, Jembrana
Lokasi: Jembrana, Negara, Bali Barat.

Bali memiliki kekayaan ras banteng. Ini tradisi balap adalah kesepakatan besar di kota Jembrana, Kabupaten Negara, bahkan mengambil penunjukan kejuaraan resmi Piala Gubernur atau Piala Bupati. Festival ini biasanya dimulai dengan berbagai pemanasan sekitar trek balap pesisir Jembrana pada bulan Juli, menjelang final dan perayaan yang terjadi pertengahan November. Tradisi jejak kembali ke warisan dari para petani Jembrana, dan selama perayaan bentuk berbagai seni lainnya dari wilayah yang dilakukan juga, seperti fashion show banteng dan orkestra jegog bambu.

Makepung adalah nama sebuah grand prix besar di Jembrana, Bali Barat, yang memiliki ras kerbau balap. Ratusan pasang kerbau yang bekerja sama bersama-sama dengan joki mereka naik bajak kayu tradisional yang sedikit dimodifikasi untuk kompetisi.

Kerbau pembalap, disebut Kerbau pepadu, bersaing dalam berbagai sirkuit balap terbuka di berbagai macam memanaskan sekitar distrik Melaya, menjelang final, atau apa yang kemudian dikenal sebagai Piala Bupati Jembrana, dan Piala Gubernur, diadakan setiap tahun.

Makepung berasal dari kata dasar kepung, yang berarti mengejar, mirip dengan isa ekspresi. Makepung adalah salah satu tradisi yang unik berasal dari adegan kehidupan agraris pulau, dan merupakan acara secara luas dinikmati di Kabupaten Jembrana, Bali barat.

Grand peristiwa berskala terinspirasi dari seperti hobi yang sederhana, tradisional mempertahankan tradisi unik ini bagian dari pulau, serta untuk mempromosikan pariwisata ke lokasi ini jauh menuju ujung Barat. Kompetisi juga memberikan dampak positif pada sektor lokal lainnya seperti pertanian dan peternakan.

Tradisi itu sebagian mencegah pergeseran lahan untuk penggunaan pertanian, dan juga mendorong masyarakat untuk meningkatkan kualitas peternakan, meningkatkan kerbau menang untuk acara tahunan.

Ada sekitar tujuh sirkuit yang berbeda tersebar di berbagai lokasi di seluruh kabupaten. Sirkuit Sangyang Cerik di Desa Tuwed, Kabupaten Melaya adalah salah satu sirkuit utama. Yang lain yang didedikasikan bidang-berubah-sirkuit termasuk Delod Berawah, Kaliakah, Pangkung Dalem, Merta Sari, Tuwed dan Awen.

Pada malam final, ada pertemuan antara tim balap yang disebut Sekaa Makepung dengan Bupati Jembrana, dan malam menjadi meriah sebagai hari balap utama yang berikut, yang diisi dengan pertunjukan seni dan hiburan umum.

Pada hari perlombaan, pengunjung internasional juga akan sama-sama terpukau oleh fashion show kerbau yang menampilkan bovines indah, dan berpakaian dengan ornamen dari kuku ke tanduk, di segmen berbusana terbaik dalam kompetisi Makepung.


 


Informasi